Tags

Jeki O Jeki

Kata orang, pandang satu persoalan tuh mesti dari banyak sisi. Orang bijak bilang, kubus tuh punya enam sisi, dan buat ngerti apa itu kubus jangan cuma pandang dari satu sisi. Kemaren-kemaren gw ngobrol bertiga sama Adit dan Iqbal di warung kopi deket kos sekitar jam 2 malem. Ngobrolin macem-macem. Tapi ada topik yang kayanya seru buat dibahas.

Ceritanya ginih. Kita ngomongin siapa diantara kita yang punya temen paling gak waras, yang pernah ngelakuin satu hal gila dan bikin kepala kita geleng-geleng. Gw pun cerita, gw punya temen yang ngakunya tuh intel CIA *yay* trus punya piagam penghargaan yang dikeluarin sama NASA atas kontribusinya waktu masih bekerja disana sebelom ditarik ama CIA *wadezigghh*

Gila juga kan? Umurnya masih 22 tahun dan dia punya working experiences di NASA ama CIA, kekeke.. Gw ga anggap itu bohong sih, cuma ya.... peluang bener nya pun tipis banget.

Berhubung Adit cuman punya komunitas pergaulan sempit mengingat beliau cuma bertemen sama orang-orang waras *maap bang, kekeke..* walhasil Iqbal yang kemudian cerita.

Dan Iqbal pun cerita...
Dia punya temen, anak kuliahan di sebuah PTS terkenal di wilayah Jakarta Timur. Sebutlah namanya si Jeki. Gw lupa sih Iqbal nyebutin Jeki angkatan berapa, cuman pokoknya dia termasuk macan kampus gitu lah.. udah tua dan belom lulus-lulus. Nilai-nilai mata kuliahnya kebanyakan E, sampe akhirnya dia sendiri kewalahan dan mutusin buat DO dari kampus. Tapi masalahnya ternyata bukan itu aja. Jeki yang asalnya dari Sumatra ini ternyata ga ngasih tau nyokapnya kalo dia DO. Makanya secara berkala, nyokapnya terus nanyain kapan Jeki lulus.

Lama kelamaan, merasa ga enak ditanyain terus, akhirnya Jeki ngatur sebuah rencana brillian. Pas wisuda periode kemaren yang berlangsung di JHCC, dia nekat minjem undangan temennya buat dipalsuin. Caranya ternyata cukup gampang. Cukup scan undangan itu pake scanner mahal, trus cari kertas berkualitas setara di gramedia, dan terakhir, print hasilnya di percetakan kelas wahid. Untunglah di undangan itu ga ada cap stempel atau pun alokasi nomor tempat duduk. Kalo ada, urusannya bisa lebih panjang.. (buat para pengelola kampus yang baca tulisan gw, kalo mau nyetak undangan wisuda, usahain susah buat dipalsuin. Kasih benang pengaman kek, hologram kek, atau ada logo kampus yang transparan :p)

Singkat cerita, skenario pun dijalankan. Dengan baju toga pinjeman dari senior yang secara ga waras mau aja nolong jeki, dia sama nyokapnya dateng ke JHCC. Setelah nganter nyokapnya masuk ke ruangan, Jeki kemudian ngumpet di WC (or sum kind of place like that). Baru setelah acara beres, dia berani nemuin nyokapnya yang udah nunggu di ballroom.

Nyokap : “jek, kok mama ga denger nama kamu dipanggil ya tadi?”
Jeki : *mikir bentar* “ah, mama ga denger kali, wong tadi dah dipanggil kok”
Nyokap : *tersenyum penuh arti*

Mereka berdua pun foto-foto, ngerayain “keberhasilan” Jeki. Dan ternyata, sampe sekarang, rencana itu belom kebongkar dan terus dijaga Jeki. Sayangnya, gw ga berhasil nemu keterangan soal nasib transkrip, ijazah, dan tetek bengek perkuliahan laennya.

Cerita yang naas emang, tapi disini bisa kita belajar dari banyak sisi. Sisi kita sebagai orang ketiga, sama sisi Jeki sebagai subjek yang tentunya –sama kaya kita, pengen nyokap bangga dan bahagia, gimana pun caranya, meski dia tau kalo cara yang dipakenya ga bener..



 

0 comments:

Blogger Template by Clairvo