Tags

Mahasiswa

Beberapa waktu lalu, gw diminta jadi pembicara dalam Latihan Kepemimpinan sebuah organisasi kemahasiswaan yang dulunya nelorin tokoh-tokoh kayak Amien Rais, Hidayat Nur Wahit, Akbar Tandjung (dah tau kan lah... :p) buat nyampein materi tentang pola pikir manusia. wew... dipikir-pikir, keren juga gw ngasih materi kaya begini. Walhasil, dengan penuh perjuangan, gw nyiapin materinya sebisa mungkin, gw bikin juga intisarinya biar ntar dijadiin reading-kit pas seminarnya..

Eh, ternyata.. pas hari-h, dengan berat hati gw ga bisa jadi pembicara di acara itu.. Alasannya klasik banget.. Yaitu gw musti kerja hari itu.. Hiks.. salah gw juga sih, gw baru nyadar kalo acaranya ternyata diadain di hari Jumat alias hari kerja. Tapi berhubung gw udah bikin intisarinya, gw pikir gapapa kali ya gw posting aja disini.. Mudah-mudahan jadi lebih ada manfaatnya.. Oh ya, sengaja bahasanya ga gw bikin EYD buat diposting disini, biar lebih enak aja dibacanya, kekeke... Kasih komen ya.. :)


***

Pola Pikir Mahasiswa
mahasiswa (baca :pemuda) tuh adalah tiang negara.. sepanjang sejarah perpolitikan indonesia, mahasiswa lah yang ngegerakin itu semua. mulai dari budi oetomo, sumpah pemuda, penculikan soekarno-hatta demi ngepercepat kemerdekaan, tritura, matinya orde lama (baca: kekuasaan soekarno), matinya orde baru (reformasi), etc..

menurut gw, gerakan mahasiwa tuh gerakan putih, semangat idealisme yang ada belom dikotorin uang korupsi, nepotisme, dan birokrat2, makanya mereka berjuang demi kemajuan bangsa. mereka negor yang salah, whoever the guy.. mau itu pemerintah, orpol, atau pihak asing sekalian..

tapi kadang ga semua mahasiwa kaya gitu, ada yang masih kecemplung ama diorama pelajarnya.. cuma belajar doang (teori). dia ga tau ada apa di sekelilingnya, ga tau apa yang udah terjadi, ga mau (bukan ga bisa) ngeperkirain apa yang bakal terjadi dan ga mikirin apa yang harus dia perbuat sebagai manusia muda.. padahal di posisi mahasiswa lah manusia mulai ngebangun karakter. menentukan cita2, ngeperoleh kebebasan sepenuhnya, dan nyari cinta yang berarti buat mereka, kata kakak gw, kalo lo mau tau kaya gimana lo kalo udah dewasa, liat aja kaya gimana lo pas jadi mahasiwa..

percaya atau ngga, mahasiwa (baca: pemuda) adalah satu elemen bahaya buat siapapun yang berpola pikir statis. karena mahasiswa tuh dinamis, dunia ke depan tergantung pemuda. indonesia, mau dibikin bagus or jelek di masa depan, ya tergantung dari pemuda itu. liat aja, banyak pihak asing yang pengen ngancurin indonesia dengan cara ngancurin pola pikir pemuda.. kalo indonesia ancur dan kepecah jadi negara2 (baca: koloni2) kecil, makin mudah lah buat asing ngatur kita.

tapi sayang, ada ungkapan, "ga ada mahasiwa yang abadi".. kadang, ada yang pas waktu jadi mahasiswanya berideologi bagus, eh pas udah ga jadi mahasiwa kebawa arus2 korupsi, maruk jabatan, etc.. (kaya yang kejadian ama beberapa tokoh nasional kita)..

balik ke intinya, yang gw liat dan alamin, selama jadi mahasiswa tuh ada proses pendewasaan diri dan pola pikir.. soal ilmu kuliah, itu relatif ya, balik lagi ke pribadi masing2.. cuman ya kalo soal pendewasaan diri ama pola pikir, gw yakin setiap mahasiwa ngalamin hal ini karena (seperti udah gw tulis diatas), tahap kehidupan sebagai mahasiswa emang salah satu tahap yang paling menarik dalam jenjang kehidupan manusia. ditahap ini kita ngebangun karakter, nentuin cita2, dan nemuin cinta yang berarti buat sisa idup kita (amiiinn)..
 

0 comments:

Blogger Template by Clairvo